Wajah Baru Pengurus Pesantren Darussalam

16 12 2010

ROIS Pesantren Darussalam Ciamis berubah penampilan. Pengurus periode baru, dilantik pada Rabu, 24 November 2010 di Gedung Kebanggan Pesantren Darussalam, Nadwatul Ummah oleh Wakil Pengasuh Pesantren, KH. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA, M.Ag.

Pergantian kepengurusan ini merupakan program tahunan Pesantren sebagai wahana pembelajaran kepemimpinan bagi santri Darussalam.

Rois periode 2010. Nursidik digantikan oleh Rois berikutnya, Tatang Sulaeman. Keduanya adalah Mahasiswa IAID Ciamis. Pergantian ini ditandai dengan penandatangan yang disaksikan oleh Majelis Pengasuh dan Direktur di lingkungan Pesantren Darussalam. Selain itu, symbol kepengurusan berupa samurai diberikan kepada Tatang sebagai tanda resmi menjadi Rois.

Sekitar pukul 19.00 WIB, para santri sudah berkumpul di dalam gedung dengan berkaian putih hitam, menambah kehidmatan acara. Alunan nashid menggema menyelimuti seluruh ruang udara gedung membuat suasana semakin syahdu, pertanda kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah kemajuan bangsa. Jiwa kepemimpinan yang lemah menyebabkan rusaknya suatu bangsa.

Setelah pembukaan dengan membaca ayat suci Al-Qur’an, tibalah menyanyikan mars Darussalam sebagai pembakar semangat santri, mengingatkan tujuan datang dari rumah dan tujuan pendidikan di Darussalam tersirat di dalamnya. Santri dan tamu undangan berdiri, bersama menyanyikan lagu penyejuk jiwa, pembakar ghirah santri yang sudah agak meredup.

Setelah dibacakan surat keputusan tentang pengangkatan pengurus baru, berjalanlah santri dengan pakaian putih hitam dibalut dengan pakaian khas Darussalam berduyun memasuki mimbar untuk dilantik.

Dengan diawali membaca syahadat, sebagai bukti keislaman, dan pengakuan Allah sebagai Rabb yang patut disembah, sebanyak 45 santri Pesantren Darussalam mengikrarkan diri untuk setia menjadi pengurus Pesantren dengan suka rela dan keikhlasan. Dilanjutkan dengan mushafahah dan tausiah oleh Pengasuh Pesantren, KH. Dr. Fadlil Munawwar Manshur, MS.

Mudah-mudahan, pengurus baru ini member warna yang lebih baik, menjadi pemimpin harapan umat, masa kini dan nati di masa mendatang.****


Aksi

Information

Tinggalkan komentar